Info Sekolah
Minggu, 27 Nov 2022
  • Selamat datang di MA YPPA Cipulus
24 September 2022

OUTBOUND PADA HARI TERAKHIR LDKS 2022 MEMILIKI PERMAINAN-PERMAINAN YANG MENANTANG DAN MELATIH JIWA KEPEMIMPINAN PESERTA

Sabtu, 24 September 2022 Kategori : BERITA / EKSTRAKURIKULER / Uncategorized

Ditulis oleh : Aditya Permana Kelas XII MIPA Uwais Al-Qarni

Hari ini tanggal 24 September 2022 Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa telah mencapai puncaknya yaitu hari ketiga. Hari ini merupakan hari terakhir para peserta melaksanakan LDKS.

Pagi ini diawali dengan senam pagi di Lapangan Utama MA YPPA Cipulus, setelah melaksanakan senam, mereka kembali lagi ke Aula Sekolah untuk sarapan dan nonton bareng. Mereka menonton film yang mengajarkan tentang Kepemimpinan dan Kerja Sama yaitu Toy Story 4.

Setelah Menonton film mereka diberi arahan untuk kembali ke Lapangan Utama sekolah untuk bermain beberapa permainan sekaligus melakukan Outbound di sekitar area sekolah untuk para peserta agar lebih teradaptasi dengan area lingkungan sekolah.

Foto oleh : Luthfi Jeanita Kelas XII IPS ABU HURAIRAH

Umumnya outbound di Indonesia dimanfaatkan sebagai sarana metode pelatihan manajemen individu atau kelompok dengan media alam terbuka, tentunya kegiatan outbound diisi dengan games-games interaktif yang sifatnya stimulatif, berstruktur dan ada penilaian untuk mengembangkan skill tertentu yang tujuan utamanya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). (dikutip dari https://www.wisatakeluarga.my.id/2021/12/tujuan-outbound-bagi-siswa-ayo-ketahui.html).

Foto Permainan Petunjuk arah oleh : Luthfi Jeanita Kelas XII IPS ABU HURAIRAH

Di acara outbound ini banyak sekali permainan mulai dari :

  • Permainan Insting, yaitu permainan yang dipimpin oleh Kak Riskina dan Kak Firman, dimana para peserta berbaris sesuai kelompok dan diberi kertas 1 dan pulpen 1, lalu diberi sebuah clue agar mereka menggambarkan sesuatu dari clue tersebut namun 1 orang hanya boleh mencoret 1 garis.
  • Permainan Tebak Persuku Kata, yaitu permainan yang dipimpin oleh Kak Aghni, Kak Revalina, Kak Asep dan Kak Diki. Di permainan ini, panitia menyebutkan satu awalan kata dari sebuah kosa kata, dan peserta diberi kesempatan untuk menjawab kosa kata yang dimaksud oleh panitia, kelompok yang mendahului kelompok lain dalam menjawab tidak dihukum apa apa, berbeda dengan kelompok yang terdahului.
  • Permainan Lipat Karton, teknisnya panitia menyebutkan sebuah angka, lalu kelompok tersebut harus berdiri di atas karton sesuai nomor yang disebutkan oleh panitia, karton akan mengecil/di lipat sampai kecil. Jika ada kelompok yang kakinya saja keluar dari area karton, maka kelompok tersebut di hukum sesuai hukuman yang di tentukan oleh panitia permainan. Panitia permainan ini adalah Kak Sheira dan Kak Salman.
  • Permainan Estafet Gayung, pada permainan ini peserta harus meng-estafetkan gayung bolong yang telah diberi air sampai orang yang berada di barisan terakhir dikelompoknya, namun diusahakan agar air tidak terlanjur habis sampai pada orang yang terakhir di kelompok. Jika air terlanjur habis, maka peserta harus menerima konsekuensinya dari keputusan Panitia Permainan. Panitia permainan ini adalah Kak Suci dan Kak Mutiara.
  • Permainan Menggiring bola dengan benang, dipermainan ini kelompok harus memiliki konsentrasi yang tinggi dan kerja sama yang erat, karena mereka harus menggiring bola dari titik titik tertentu hingga sampai tujuan. Permainan ini dipimpin oleh Kak Zaed dan Kak Maemunah
  • Permainan Petunjuk arah, teknisnya salah seorang dari kelompok menjadi orang yang di tutup matanya oleh kain, lalu mencari bola sesuai warna kelompoknya. Orang yang matanya tidak ditutup oleh kain memberikan petunjuk ke orang yang ditutup oleh kain. Tujuan mereka adalah mencari bola warna yang ditentukan sebanyak mungkin. Permainan ini dipimpin oleh Kak Fuji dan Kak Indra.
  • Permainan Bertelur, ada perwakilan 1 orang tiap kelompok. Tugas perwakilan tersebut adalah bersaing dengan perwakilan kelompok lain dalam hal paling banyak mengeluarkan telur dari dalam kardus yang telah disediakan oleh panitia. Kakak panitia di permainan ini adalah Kak Nabila dan Kak Faza.
  • Permainan Kancil, permainan ini diawali dengan para peserta menyebrangi kolam diatas bambu yang licin, lalu para peserta putri diharuskan mengambil amplop yang ada di tengah empang.

Sampai pada akhir acara yaitu Upacara Penutupan, namun sebelum Upacara penutupan dilaksanakan, mereka berlatih untuk teknis upacara pembaiatan pada senin depan ketika masuk sekolah.

Setelah upacara penutupan selesai, para peserta, panitia dan pembina LDKS berfoto bersama untuk mengabadikan momen yang tidak bisa dilupakan ini. Suka duka kita jalani bersama di acara LDKS ini, susah senang kita lewati bersama, semoga menjadi pengalaman yang berguna untuk kita kedepannya dan menjadi bahan evaluasi diri kita untuk menjadi lebih baik.

Foto para peserta LDKS 2022 kelas 10-11 oleh : Andhika Pratama Kelas XII MIPA TEUKU UMAR
Foto Panitia, Pembina Ekstrakurikuler, dan Staff Guru di LDKS 2022 oleh : Fadil Januar (Peserta kelas 11 LDKS 2022)

Saya ucapkan tetap terus semangat berkarya, mungkin ini berita terakhir saya di masa jabatan saya, semoga para penerus bisa menjaga nama baik YJC dan MA YPPA, juga bisa menjadi Pengurus yang lebih baik dari kami 2021-2022. Sekian dan terima kasih, YJC 2021-2022 pamit undur diri.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Video Terbaru